Tomorrow With You, the Beauty and the Beast of Marriage: A Personal Review

Poster Tomorrow With You

Hal pertama yang muncul di kepalaku waktu lagi mikirin judul untuk review personal ini adalah beauty and the beast. Bukan, bukan masalah tampang pemainnya. Emang ada yang mau meragukan visualnya Lee Jehoon dan Shin Minah? Gak mungkin looool. Beauty and the beast maksudnya adalah manis pahit yang ada di drama ini. Seimbang. Banget.

Drama 16 episode bergenre romance-fantasy ini bercerita tentang Yoo So-joon (Lee Je-Hoon), CEO perusahaan investor real estate yang punya kemampuan untuk pergi ke masa depan dan Song Ma-rin (Shin Min-Ah), fotografer serabutan yang hidupnya diremehkan banyak orang.

Sojoon dan Marin awalnya gak saling kenal. Tapi, Sojoon yang bisa pergi ke masa depan gak sengaja menyaksikan kecelakaan yang menewaskan mereka berdua. Akhirnya, dia terpaksa mencari tahu segala hal tentang Marin dan pada akhirnya mereka menikah karena suatu hal yang ternyata merupakan penghubung takdir mereka.

Konflik utama drama ini berkutat di seputar cara mencegah kecelakaan yang akan terjadi di masa depan.

Sudut Pandang

Sudut pandang Yoo Sojoon di drama ini jauh lebih dominan dibanding Song Marin. Sojoon yang harus selalu bolak-balik metro untuk memastikan kalau masa depan mereka berdua baik-baik aja dan Sojoon yang harus selalu menyembunyikan rahasianya, personally bikin simpati aku ke dia off the roof. Ngeliat capeknya dia bikin ikutan capek, sedih dan frustrasi juga. Lee Jehoon yang bertanggung jawab atas karakter dan emosi Sojoon did such a great Great job.

Alur Cerita

Banyak banget yang bilang alur maju mundur yang disajikan drama ini bikin mereka pusing. However, each brain differs dan bagi aku drama ini justru salah satu drama dengan alur maju mundur yang gak bikin bingung sama sekali. Ratio layar dan tone warna yang berubah dan keterangan waktu yang selalu tertulis di layar setiap kali Sojoon bolak-balik ke masa lalu dan sekarang helps a lot buat mencerna ceritanya. Tanggal-tanggal penting yang selalu di-mention di drama juga membantu aku buat ingat hal penting yang akan terjadi di tanggal itu. I wholly understand this drama in one go, kalo kalian gimana?

Juga, bagi aku gak ada plot hole sama sekali di drama ini. Ceritanya selalu konsisten dan selalu punya penjelasan atas suatu peristiwa. Cuma ada satu hal yang bikin aku bertanya-tanya: Dari mana Sojoon bisa dapat kemampuan time travel? Gak ada penjelasan tentang itu di drama ini. Tapi, menurutku itu bukan suatu hal yang perlu dijelasin karena Sojoon sendiri juga gak tau kenapa dia bisa ngelakuin itu.

Karakter Utama

Kalian yang nonton akan dibikin frustrasi banget sama mereka berdua. Sojoon dan Marin. Sojoon yang sombong dan suka menggampangkan segala hal karena dia bisa pergi ke masa depan dan Marin yang sensitif dan gengsinya kebangetan. Bukan tipe karakter yang likeable, ya? Tapi justru karena itu, aku jadi penasaran sama pengembangan karakter mereka di akhir drama. Karakter mereka realistis banget. Mereka tipikal pasangan yang selalu mempermasalahkan hal-hal kecil yang bisa memicu konflik rumah tangga. Tapi, dibalik kekhawatiran aku (takut mereka cerai…) dan semua kekurangan mereka, mereka tetap selalu memperjuangkan cinta mereka.

Official Soundtrack

OST selalu jadi hal yang menarik dari sebuah drama. Biasanya kunci emosi suatu drama ada di OSTnya. Tapi, ada yang beda sama Tomorrow With You. Mereka cuma punya 3 soundtrack yang berlirik. Sisanya? Cuma instrumental! Hebatnya, semua emosi dan sentimen dari drama ini bisa tetap tersampaikan dengan sangat baik. Di sini, aku menyimpulkan kalau director-nya emang mau penonton fokus ke ceritanya tanpa ada “gangguan”.

Kalian bisa dengar soundtrack yang dinyanyikan sama Lee Se-ra, Seo In-Guk, Kim Feel dan juga BGM lainnya di playlist ini.

Shin Min-Ah (kiri) dan Lee Je-Hoon (kanan) pada saat pembacaan naskah.

Chemistry Pemain

Gak usah diraguin lagi. Serius.

Lain-Lain

Drama ini juga dibumbui sama sedikit konflik cinta segitiga, masalah keluarga dan persahabatan, masalah penggelapan uang perusahaan dan kehidupan pasangan suami istri lain yang menikah karena uang, bukan cinta. Elemen lain-lain ini bikin dramanya gak monoton dan gak ngebosenin. Karakter pendukungnya pun menarik buat diperhatiin.

Romance

Mau nge-highlight romance-nya karena ini drama pernikahan — dan salah satu dari sedikit romance drama yang manisnya kebangetan…. Bisa gila. Seperti yang tadi udah disebutin, banyak konflik rumah tangga di drama ini. Masalah mau punya anak atau enggak, kapan mau daftarin pernikahan, siapa yang bayarin makan, masalah perizinan keluar rumah dan juga pekerjaan. Romansa di drama ini gak didramatisir. Konflik mereka juga gak lebih-lebihkan. Nontonin Yoo Sojoon dan Song Marin bakal bikin kalian wondering, ini mereka beneran gak sih? Masa iya cuma drama doang? Saking realistis manis dan pahitnya. Gak ada yang di-sugarcoat di drama ini. Tomorrow With You berhasil menyampaikan pesan kalau pernikahan itu gak selalu indah tapi juga gak selalu pahit, kalau pernikahan gak akan merubah orang menjadi lebih baik dalam satu malam.

Dan cinta mereka gak usah diraguin lagi. Serius. It’s the type of romance yang bikin aku bersyukur aktornya punya kesempatan buat main drama ini, karena berarti selama akting, aktornya bisa merasakan emosi yang dirasakan sama penonton.

Dari dulu aku selalu kesel kalau nonton k-drama karena kebanyakan male lead pasti selalu gengsi buat mengekspresikan perasaan mereka, tapi Yoo Sojoon enggak. Dia bener-bener all-out buat Marin dan Marin pun juga keliatan banget sayangnya. Perut kalian bakal dibikin geli sepanjang 16 episode. Semanis itu.

I’m a hopeless romantic so this drama easily leaves me wrenching my heart. Drama ini gak cuma manis dan pahit, senang dan sedih, passionate and frustrating, tapi juga terasa seakan kalian dibawa ke kehidupan sehari-hari para karakter yang penuh dengan komedi.

Yoo Sojoon is not the typical strong and unbothered male character, Song Marin juga bukan the typical weak and helpless female lead. Mereka sempurna dan gak sempurna dengan caranya masing-masing dan rasanya itu yang bikin karakter mereka memorable dan penuh emosi.

Aku gak pernah berani ngasih nilai buat suatu film atau drama dari sudut pandang produksi, tapi kalau masalah emosi dari drama ini, I’d give them 10/10. Props to the actors and director-nim.

Tomorrow With You bisa ditonton di Netflix, iQiyi, dan Viki.

17. A student and aspiring photographer. I want to work on National Geographic or UNICEF.

17. A student and aspiring photographer. I want to work on National Geographic or UNICEF.